Sunday, May 24, 2009

My First Surgery

Gue mau cerita tentang judulnya lah, operasi. Yoi abiezzzz kan!? Dulu gue pernah operasi gitu deh, operasi…… gue cerita aja deh ya biar jelas.

Waktu itu gue kelas 6SD dan akhirnya gue sama temen-temen gue LULUS. Kita pengumuman di AULA SMP, bareng guru-guru dan juga orang tua. YEAH!!! Nilai kamu memuaskan doong. Itu tanggal 16 Juni 2007. Gue bakal ngejalanin operasi tanggal 20 Juni 2007.


Operasi apakah itu? Gue operasi kista mungkin ya namanya, dia ada di tengah-tengah rahang bawah gue. Gue sama orang tua gue udah dari sebelumnya kita nyari rumah sakit yang cocok buat operasi, kita ke RSIB, ke RSPI, RS Pertamina, sama apa lagi ya…. Gua nggak tau. Sampe akhirnya kita ke pusat rumah sakit di seluruh pelosok Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo. Dari awal sampai detik-detik pembedahan yang tim bedah tau adalah penyumbatan kelenjar saliva. Tapi coba kita liat cerita nya

Tanggal 19 Juni 2007, gue ke check in ke kamar rumah sakit, kamar Mawar ruangan 13. Beh ngeliat angkanya aja gue serem, tapi… 13 itu angka kuat loh. Abis itu gue ngejalanin hari dengan biasa aja, sampe gue check kesehatan dan allergy.

Tanggal 20 Juni 2007, pagi-pagi gue harus puasa, terakhir makan tuh kurang dari jam 8 malem. Gila nggak sih lo. Gue pindah kasur untuk di bawa ke ruang operasi, sebelum masuk gue sama nyokap&bokap gue berdoa bareng. Kalo gue boleh jujur, gue takut banget waktu itu, gue komat-kamit mulu berdoa, takut nggak balik lagi hehehe. Di samping nyokap gue ada anak kecil yang telinganya kemasukan cotton bud gila nggak, amit-amit adoooh. Abis disitu gue masuk, gue ganti baju operasi, ternyata ada juga orang yang mau dioperasi, Di dalem ruang ganti itu ada beberapa kasur untuk orang yang bakal dioperasi dan untuk orang yang udah dioperasi, di sebelahnya ada pintu untuk ke koridor yang berisikan pintu-pintu menuju banyak ruangan pembedahan. Di dalem situ dingin dan nggak berisik hihi. Abis itu gue jalan ke ruangan dimana gue bakal dibedah……..

Di dalem situ, yang pasti dingin dan steril. Ada beberapa dokter yang nanangin gue, gue lupa deh ada dokter senior yang jadi pimpinannya. Gue disuruh tiduran di kasur yang dingin juga, dan gue dikasih obat bius lewat infuse, begitu juga nafas, gue di kasih masker yang ada pembiusnya, terakhr yang gue inget sebelum gue tepar adalah….. doker bilang “coba tidur nya naikan lagi” abis itu gue udah nggak inget apalagi. Operasinya berjalan 2 jam kalo nggak salah, mulut gue dikasih penyangga untuk tetep kebuka sampe ujung bibir gue pada kering dan luka. Pembedahan dilakukan lewat dalem mulut, soalnya kalo dari rahan bawah bagian luar untuk estetika pasti jelek. Dan ternyata berhasil, gue mulai sadar dari pengaruh bius dengan tampon yang ada di dalem mulut gue, berdaraht terus, bahkan pipi sama bantal gue pun penuh dengan darah dari mulut gue. Selama beberapa lama, mulut gue terus ngeluarin darah, dan gue juga diharusin kumur-kumur pada Betadine Mouth Wash.

Tanggal 21 Juni 2007, gue cek kesehatan terakhir dan udah boleh pulang. Gue seneng banget, gue pun udah bisa bicara pelan-pelan, tapi…. Belom bisa makan. Sampai di rumah gue langsung online Friendster haha please deh jamannya kan dulu. Gue sambil telfonan sama temen-temen gue ceritain apa yang gue alamin. Sampai nggak di sangka, lidah gue malah bengkak, sakit banget, sakit!!! Bahkan painkiller yang dokter kasih pun nggak ada gunanya, gue nggak bisa bicara, makan, dan minum. Tersiksa banget. Akhirnya gue di bawa ke MMC: Metropolitan Medical Centre yang ada di Kuningan, dimana dokter senior ketua tim bedah gue juga tugas. Gue kesana dan di rawat lagi, gue di infuse karena takutnya dehidrasi badan gue lemes banget. Gue di rawat di ruang 213 kalo nggak salah, bareng sama beberapa orang yang juga pasca-operasi, gue ditanganin sama Suster Ambar dan… suster siapa satu lagi gue lupa, mereka baik dan ramah buset deh ya. Dokter dateng dan dia bilang itu Cuma karena gue takut ngeluarin lidah dan takut buat ngegunain itu dengan fungsi biasa, beh sakit banget mana lukanya kan belum kering. Tanggal 24 Juni 2007, gue masih belom bisa ngomong normal, makan pun mati-matian, gue nelfon Maya buat cerita. Dan tiba-tiba tanggal 25 Juni 2007 begitu bangun pagi, gue udah disodori sarapan yang lumayan yummy untuk ukuran gue yang nggak bisa mamam, gue makan pelan-pelan dannnn gue BISA!!! Gue masih harus tinggal 1 hari lagi disana, yuhu gue seneng-seneng aja tuh soalnya ternyata ibu-ibu yang abis operasi itu juga ramah banget sama gue, bahkan keluarga mereka pun ikut ngobrol sama gue plus keluarga gue. Hahhh seneng deh, tanggal 26 Juni 2007 gue mesti pulang, malem malem gue check out dan pamit sama 1 orang ibu yang ada di samping gue. Say bye, dan sama suster juga say bye. WOW! Kangen juga loh sama susternya. Karena tragedy itu berat badan gue sampe turun 4kilo dan gue juga jadi cadel wakwak, kocak deh. Thanks God, for those interesting experience ;)

Thanks again for the readers, for RSCM and MMC, Suster Ambar juga ;p

Byeee,

No comments: