Saturday, May 28, 2011

The Kids In The Street

Anak jalanan...
Rumah mereka beratapkan langit yang tak berujung
Rumah mereka lebih luas dari kebun raya Bogor
Rumah mereka berada dimana-mana

Yesterday when i was halfway to my house. I saw 2 kids di depan warung makan duduk bersila di pinggir jalan. Makan Indomie yang mungkin buat mereka Spaghetti. Devara sama gue sering lewatin jalan itu kalo pulang bareng, Devara sampe kenal sama anak jalanan yang masih lugu banget, namanya Rio. Rio jualin koran yang harga nya 3 ribu. Koran lama sih kayaknya. Tiap kali gue mau kasih duit makan buat Rio, Devara says no. Soalnya ternyata dari jauh ada yang mantau anak-anak disitu, duit makan yang bakal gue kasih belom tentu bisa dipake Rio buat makan ato sekedar beli minum. Preman nya duduk, ngaso dan ngerokok. Bukannya ngamen ato cari kerja kecil-kecilan. Hina banget menurut gua, memperkerjakan anak yang seharusnya dia bantu. Malu-maluin. Kasus kaya gini pernah gue temuin juga waktu gue pulang sekolah naik kopaja nomor.... 72! Emg ga di kopaja ini aja sih, tp... there was a kid, limbless..dia ga punya kaki. Dan jalannya ngesot. Utk naik dan turun dr bis, dia pun lompat, tanpa kaki. Preman yg udh gue spot dr jauh ikt naik jg, duduk dibelakang dan MAKAN! sementara anak yang (sorry) cacat itu dibiarin ngesot2 minta uang.

Kalo gue orang kaya, kalo gue miliarder, duit gue ga punya nomor seri, pengen banget bisa bantu. Tp realitanya beda, gue cuma pelajar. Sedih sendiri huhu. Gue aja suka ngeluh biarpun hidup gue ga sesusah mereka. Makanan suka ngga abis. Pdhl mungkin mreka butuh sisa makanan gua. Sumpah Indonesia butuh perubahan. Dr bidang pendidikan untuk naikin pendapatan nasional biar kita bisa nanggung org2 yg kaya gitu. MARI BELAJAR KAWAN2! Jd org sukses biar bisa charity!!!

No comments: